Aceh Timur Tetap 40 Kursi DPRK Dan 5 Dapil Pada Pemilu 2024

REDAKSI
Wednesday 14 December 2022
Last Updated 2022-12-14T15:38:06Z


Gpnews.com | ACEH TIMUR - Kuota Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Timur pada Pemilu 2024 mendatang masih sama seperti jatah kursi pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.


"Masih tetap 40 kursi," kata Eni Yuliana, Ketua Divisi Teknis KIP Aceh Timur, usai acara Uji Publik Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRK Aceh Timur pada Pemilu 2024, di Idi, Rabu (14/12).


Begitu pula Daerah Pemilihan (Dapil), sambung Eni, jumlahnya juga tetap lima dapil, yakni Dapil 1 meliputi Kec. Banda Alam, Darul Ihsan, Idi Rayeuk, Idi Timu, Idi Tunong, dan Kec. Peudawa, dengan jatah kursi DPRK 8 kursi.


Dapil II meliputi Kec. Peureulak, Peureulak Barat, Peureulak Timur, Rantau Peureulak dan Kec. Sungairaya, dengan jatah kursi 11 orang. Dapil III, Kec.Birem Bayeun, Peunaron, Rantau Selamat, Serbajadi dan Kec.Simpang Jernih, 6 kursi.


Dapil IV meliputi Kec. Simpang Ulim, Madat dan Kec. Pante Bidari, 7 kursi dan terakhir Dapil V Kec. Darul Aman, Nurussalam, Darul Falah, Indra Makmu, dan Kec. Julok, dengan jatah kuota kursi DPRK sebanyak 8 kursi.


"Jumlah Penduduk Aceh Timur per Juni 2022, masih dibawah 500.000 jiwa. Secara aturan, jika jumlah penduduk belum melebihi 500 ribu plus 1, maka jatah kursi dewan tetap 40. Ini diatur dalam Pasal 8 ayat 3 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 6 Tahun 2022 tentang Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD," urai Eni, didampingi Ketua KIP Aceh Timur, Sofyan SE.


Masih menurut Eni, Uji Publik tersebut sengaja digelar untuk menakar respon sekaligus menampung aspirasi dari perwakilan seluruh elemen masyarakat. Aspirasi dan masukan dari peserta selanjutnya akan dibahas dalam Uji Publik tingkat Provinsi dan Pusat.


"Pemilu 2024 diwacanakan digelar 14 April 2024. Artinya, masih ada tenggang waktu sekitar setahun lagi. Tapi, kemungkinan besar, jumlah Dapil dan Alokasi Kursi Dewan tidak berubah lagi. Berdasarkan koordinasi kita dengan Capil, prediksi jumlah penduduk Aceh Timur menjelang Pemilu 2024 juga belum melampaui 500 ribu jiwa," pungkasnya.


Amatan awak media, Uji Publik yang digelar KIP Aceh Timur ini berlangsung sekitar 2,5 jam, mulai pukul 09:30 WIB. Acara dihadiri seluruh Komisioner KIP Aceh Timur, Perwakilan Unsur Forkopimda dan Komisioner Bawaslu Aceh Timur. []


Sumber : Waspada

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Video Terpopuler