Harus Terhenti Akibat Kekurangan Dana, Dayah Ini Butuh Uluran Tangan Dermawan

Redaksi
Wednesday 11 August 2021
Last Updated 2021-08-11T10:40:35Z
foto ; Kondisi Dayah Di Desa Bagok Panah Lhee Kecamatan Darul Aman Kabupaten Aceh Timur.


gaespost.com | ACEH TIMUR - Dayah/Balai Pengajian adalah sebuah Lembaga pendidikan yang berbasis keagamaan, jadi tidak mengherankan kalau hampir setiap Gampong (Desa) di Aceh mempunyai Dayah/Balai Pengajian, namun tidak semuanya berkondisi yang sama, Khususnya dalam hal Pembangunannya.


Salah satunya Dayah Di Desa Bagok Panah Lhee Kecamatan Darul Aman, Aceh Timur, Dayah tersebut sudah terhenti pembangunannya akibat kekurangan dana, padahal pembangunannya sudah mencapai 70 Persen.


Hal tersebut disampaikan oleh Tgk. Muhsin bin Tgk. Hasan Selaku Pimpinan dayah tersebut, Rabu 11/8/2021. 



Ia melanjutkan bahwa Dayah tersebut dibangun pada tahun 2019, dan sampai saat ini belum diberikan nama. Awalnya dana pembangunan dayah berasal dari sedekah dari jama’ah pengajian dan juga sumbangan para dermawan lainnya, sehingga kemudian ada beberapa masyarakat menyumbang berupa meterial dan sumbangan lainnya.


"Awalnya dayah ini kami dirikan pada tahun 2019, Alhamdulillah pembangunannya sudah mencapai 70 persen, namun akibat kekurangan dana, pembangunannya harus terhenti," 

ujarnya.


Walau demikian, Tgk. Muhsin tetap optimis dan tetap fokus membangun dayah tersebut dengan alakadar dana yang dimiliki.


"Dalam bulan suci Ramadhan tahun 2020 kemarin sudah ada santri khulwah (Khaluet) di dayah ini, namun sayangnya dinding Bilik (Kamar) belum dapat terpasang",Beber Tgk.Muhsin


Lebih lanjut, Tgk.Muhsin berencana akan melakukan peresmian dayah Tersebut dalam pertengahan bulan maulid Nabi Muhammmad SAW1443 H mendatang (Tahun Ini-Red).



"Insya Allah jika Allah mengizinkan, Dalam pertengahan bulan Maulid mendatang akan kita resmikan Nama dayah sekaligus pembukaan Pertama, jika semua bisa terselesaikan,"harapnya.


Selama proses pembangunan, dayah tersebut pernah menerima sumbangan dari salah seorang guru honorer Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara. Namun demikian, dana tersebut belum mencukupi untuk proses pembangunannya. 


"Ada Sumbangan dari seorang Guru Honorer Pak Mawardi S.Pd.i, untuk Pembangunan sebuah balai,namun dananya belum mencukupi,"bebernya.


Dalam hal ini, Tgk Muhsin Sangat Berharap Para Dermawan agar bisa mendonasikan sedikit rezekinya untuk dayah yang dipimpinnya itu.


"Saya sangat berterima kasih kepada yang telah menyumbang dalam bentuk apapun untuk dayah ini, dan saya berharap saudara seiman dan seagama agar mendukung proses percepatan proses pembangunan dayah ini, Sementara yang dibutuhkan WC dan dinding satu unit bilik tiga kamar tersebut,” jelas Tgk.Muhsin


Bagi masyarakat yang ingin menyumbang dana maupun barang, bisa menghubungi nomor Tgk. Muhsin selaku pimpinan Dayah di Desa Bagok Panah Lhee Kecamatan Darul Aman Kabupaten Aceh Timur di nomor contact 085260466393. [] (Sz).



iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Video Terpopuler