BMKG: Waspada 14 Daerah Di Aceh Rentan Banjir

Redaksi
Friday 30 September 2022
Last Updated 2022-09-30T07:37:36Z


gaespost.com | BANDA ACEH - Seiring dalam beberapa hari ini hujan sedang/lebat dan angin kencang melanda daerah Aceh, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh memberikan peringatan untuk beberapa Kabupaten/Kota berpotensi banjir.


Daerah yang patut di waspadai ialah Bireuen, Aceh Timur, Kota Langsa, Aceh Utara, Aceh Selatan, Aceh Barat, Kota Banda Aceh, Aceh Tengah, Aceh Singkil, Aceh Tamiang, Subulussalam, Aceh Besar, Lhoksemawe, dan Aceh Jaya.


Menurut Perkiraan Cuaca BMKG Aceh saat ini hampir seluruh wilayah Aceh sedang memasuki masa transisi musim penghujan. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, dan dapat disertai angin kencang masih akan berlangsung hingga 2 hingga 3 hari kedepan.  


"Sebagian wilayah Aceh akan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, dan dapat disertai angin kencang yang akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan," kata Stya Juangga Dirta, Weather Forecaster BMKG Aceh, Jumat 30/9/2022.  


Ia menyebutkan seiring dengan melemahnya dampak tidak langsung siklon tropis noru, dan juga selesainya masa transisi (sudah memasuki musim hujan), potensi hujan juga intensitasnya akan menurun.  


Weather Forecaster BMKG Aceh, mengatakan saat ini potensi hujan lebat dapat disertai angin kencang. Di prakirakan hampir merata diseluruh wilayah Aceh. 


"Kondisi musim transisi ini juga diperkuat dengan adanya pengaruh/dampak tidak langsung siklon tropis noru yang berada di daratan Vietnam bagian timur yang dapat mempengaruhi dan meningkatnya pertumbuhan awan konvektif," kata Stya lagi.


Stya menjelaskan berdasarkan prakiraan angin 3000 feet, yang mana di pantau masih adanya belokan angin (shearline) dan juga konvergensi wilayah provinsi Aceh, dan juga diperkuat dengan masih terpantaunya peningkatan suhu muka laut (SST) di Samudera Hindia yang juga berkorelasi terhadap pembentukan awan konvektif/awan hujan di wilayah Aceh. []


Sumber; Ajnn

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Video Terpopuler