Puluhan rumah Tak Layak Huni Di Buket Linteung Langkahan

Redaksi
Monday 2 August 2021
Last Updated 2021-08-03T03:23:32Z
foto : kondisi rumah warga di Desa Buket Linteung Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, Aceh.


gaespost.com | ACEH UTARA - Sekitar 50 rumah milik masyarakat di Gampong Buket Linteung, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara terlihat sangat tidak layak huni, Umumnya Rumah berdinding papan serta atap daun Rumbia sudah mulai rusak.

Hal itu disampaikan Geuchik Gampong Buket linteung, Mansur saat dijumpai Awak media Selasa (3 /8/2021). 


“Banyak rumah masyarakat saya sudah rusak dan tak layak lagi untuk ditempati, Karena sudah mulai mengalami kerusakan dan lapuk dimakan usia,” ujarnya.


Meskipun rusak, masih ditempati. Karena warganya tak mampu membangun mengingat sumber pendapatan yang diperoleh sangat terbatas, apalagi umumnya adalah petani yang tinggal di daerah yang rawan banjir. 


“Kami sangat berharap adanya sentuhan Pemerintah baik dari Pemkab Aceh Utara maupun pemerintah Aceh Provinsi untuk merehap atau bahkan membangun rumah baru bagi warga setempat", Harap keuchik.


Dikatakan, saat ini satu rumah juga masih dihuni antara 2-5 Anggota Keluarga. Tentunya ini menjadi problem.


Memang menurutnya ada dana desa dialokasikan untuk pembangunan rumah layak huni setiap tahunnya. Namun jumlahnya terbatas, mengingat terdapat sejumlah program lain yang harus dijalankan.


“Mudah-mudahan apa yang kami suarakan ini dapat direspons, mengingat banyak rumah warga sudah rusak sejak beberapa tahun terakhir, kami dari pihak Gampong akan berupaya semaksimal mungkin dan kami berharap Pandemi Covid ini segara berakhir hingga tidak ada lagi pemotong ADD untuk hal tersebut,” tambahnya.


Salah satu pemilik rumah tak layak huni, Sulaiman Khatibin (53) dengan tanggungan 3 orang Anggota Keluarga, juga berharap sentuhan pemerintah dengan membangun sejumlah rumah yang layak bagi masyarakat Gampong Buket linteung, mengingan kondisi rumah sudah hampir roboh.


"Saya sangat mengharapkan Pemerintah mau peduli kepada kami, dan membantu membangun rumah kami yang sudah hampir roboh," harap Sulaiman Khatibin. [] (Sz).

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Video Terpopuler