Tadi Malam, Pidie Diguncang Gempa Magnitudo 4,7

REDAKSI
Monday 2 September 2024
Last Updated 2024-09-02T18:00:05Z


PIDIE - Kabupaten Pidie, Aceh, tadi malam diguncang gempa bumi berkekuatan 4,7 magnitudo 4,7. Gempa tersebut tersebut terjadi sekira pukul 20.51 WIB.


Dilansir dari detiksumut, Kepala Balai Besar MKG Wilayah I Hendro Nugroho melalui keterangan resminya mengatakan gempa mengguncang Kabupaten Pidie berkekuatan Magnitudo 4,7.



"Hari Senin, 2 September 2024 pukul 20:51:28 WIB, Kabupaten Pidie dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M 4.7," katanya, Senin (2/9/2024).


Menurutnya, Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.86° LU dan 96.06° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 28 km barat daya Kabupaten Pidie Jaya Aceh pada kedalaman 5 km.


"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatra pada segmen Aceh-Central," ujar Hendro.


Hendro menyebutkan bahwa gempa bumi ini dirasakan di daerah Mane dengan skala intensitas IV MMI (pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi), daerah Calang, Nagan Raya dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).


"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," pungkasnya.(*)

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Video Terpopuler