Manfaatkan Potensi Wilayah, Babinsa Julok Sambangi Warga Pelaku UMKM Pengolahan Ikan Asin

Redaksi
Sunday 20 November 2022
Last Updated 2022-11-21T04:42:43Z


Gaespost.com | ACEH TIMUR - Kopda Zainal Efendi Babinsa Koramil 07/Julok menyambangi rumah usaha salah satu warga binaan yang mengembangkan usaha pengolahan ikan asin, di Desa Kuala Geulumpang, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur, Senin 21/11/2022.


Usaha pengolahan ikan kering/asin ini berkembang dengan baik oleh warga Desa Kuala Geulumpang yang merupakan salah satu desa di Kecamatan Julok memproduksi ikan asin tradisional, Seperti yang di geluti oleh Ibu Hasanah yang saat ini mengembangkan usaha ikan asin untuk meningkatkan perekonomian keluarga.


"Bagi Bu Hasanah bahan baku untuk pengolahan ikan asin sangat mudah didapat, dikarenakan tempat tinggal dan tempat pengolahan ikan berada pada radius jarak yang sangat dekat dengan tempat pendaratan ikan," ujarnya.


Babinsa mengungkapkan Proses pengolahan ikan asin yang di lakukan oleh Ibu Hasanah yaitu dengan menggunakan metode penggaraman basah yaitu penggaraman menggunakan larutan garam dan dilanjutkan dengan perendaman selama 1x24 jam, setelah itu tahap penjemuran sampai ikan menjadi kering.


Sementara itu, Bu Hasanah menambahkan rata rata masyarakat setempat mengolah ikan hasil tangkapan menjadi ikan kering/asin.


"Ini karena mudah dilakukan dan banyak di minati dipasaran, serta ketersediaan bahan baku dan pecahayaan sinar matahari yang sangat mendukung," pungkasnya.[]


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Video Terpopuler