Wow ! Masjid Nyak Sandang Menyerupai Pesawat

Redaksi
Friday 24 September 2021
Last Updated 2022-07-08T20:23:37Z
Desain Masjid Baitussalam Nyak Sandang Di Lamno Kab.Aceh Jaya


gaespost.com | ACEH JAYA - Masih ingatkah akan sosok Nyak Sandang ? Beliau adalah seorang yang merupakan sosok yang memiliki andil besar dalam sejarah penerbangan Indonesia. Beliau adalah salah satu penyumbang dana untuk pembelian Pesawat Dakota 01 yang merupakan pesawat pertama Republik Indonesia dan cikal bakal maskapai Garuda Indonesia Airways. Pesawat Dakota 01 tersebut yang bernama Seulawah 001 yang juga digunakan untuk perjuangan Indonesia.


Pembangunan Masjid Nyak Sandang Lamno merupakan tindak lanjut atas pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Nyak Sandang yang berlangsung pada Maret 2018 yang lalu. Dalam pertemuan tersebut Nyak Sandang mengungkapkan 3 permintaan kepada Presiden Joko Widodo yang salah satunya agar dapat dibangunkan Masjid di kampung halamannya, Lamno, Kab. Aceh Jaya. 


Masjid Baitussalam Nyak Sandang yang didesain khusus menyerupai pesawat terbang Seulawah 001 itu mampu menampung sebanyak 940 Jamaah. 


Pembanguan Masjid Nyak Sandang yang dikerjakan kontraktor pelaksana PT Putra Nanggroe Aceh serta Konsultan Perencana oleh CV TaRGet Consultant dengan Rp 34 miliar itu diperkirakan akan selesai dalam 12 bulan. 


Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh, M. Yoga Habibi, mengatakan pembangunan Masjid Nyak Sandang yang dibangun dengan APBN tersebut sengaja didesain menyerupai pesawat terbang sebagai bentuk penghargaan dan bukti sejarah yang harus dilestarikan. 


"Tahun 2019 dilakukan perencanaan pembangunan Masjid Nyak Sandang yang melibatkan berbagai kalangan, dan tanggal 8 Oktober 2020 kemarin dilakukan penandatangan kontrak," kata M.Yoga. 

 

Lanjutnya, pembangunan Masjid Nyak Sandang dengan luas bangunan 2.018 diatas lahan seluas 4.900 tersebut nantinya mampu menampung jamaah sebanyak 940 orang. 


"Untuk kontrak pengerjaannya selama 365 hari atau 1 tahun dengan menggunakan anggaran APBN," terangnya. 


Katanya, pembangunan Masjid Nyak Sandang ini nantinya juga diharapkan menjadi Landmar wilayah barat Aceh Jaya, serta bisa menjadikan wisata religi dan bukti sejarah pengorbanan rakyat Aceh terhadap kemerdekan RI. 


Karena, selain sarana ibadah, Masjid Nyak Sandang juga dilengkapi berbagai fasilitas lainnya seperti, Balai Pengajian, Perpustakaan, Ruang Gallery, Kios Souvenir, Ruang Kantor Pengurus dan Fasilitas pendukung lainnya. 


"Mari kita sama-sama ikut menyukseskan pembangunan Masjid Nyak Sandang ini yang merupakan permintaanya langsung kepada Presiden beberapa waktu lalu," pungkasnya. [] (*).


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Video Terpopuler