Ini Himbauan IDI Terkait Covid-19

Redaksi
Friday 27 August 2021
Last Updated 2022-07-14T14:09:26Z


foto : Surat dari IDI Aceh

gaespost.com | BANDA ACEH - Meningkatnya kasus Covid-19 diwilayah Provinsi Serambi Mekkah sehingga embaga Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Aceh menerbitkan imbauan kepada masyarakat Aceh.


Imbauan bersifat penting itu dikeluarkan sehubungan meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19, angka rawatan dan kematian yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir. Selain itu juga terkait capaian Covid-19 yang masih rendah.


"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu mematuhi dan taat dalam menjalankan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat, baik terhadap diri sendiri maupun keluarga," ujar Ketua IDI Aceh, DR dr Safrizal Rahman MKes SpOT dalam keterangan tertulis kepada awak media, Jumat, 27 Agustus 2021.


Selain itu, masyarakat Aceh juga diminta untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19 secara lengkap di tempat pelaksanaan vaksinasi.


"Vaksin sebagai salah satu ikhtiar dalam melindungi diri, keluarga dan sesama," jelasnya.


IDI juga mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya dengan berita sesat atau hoaks seputar Covid-19 yang banyak beredar di media sosial atau WhatsApp grup.


"Sebaiknya masyarakat melakukan cek dan ricek kebenaran berita yang diterima, serta selalu meng-update informasi yang sahih dan benar dari sumber terpercaya atau bisa bertanya langsung kepada tenaga kesehatan di pusat pelayanan kesehatan," pintanya.


Masyarakat juga diminta untuk bersikap jujur apabila mengalami gangguan kesehatan, serta segera melapor ke fasilitas kesehatan.


"Tidak perlu takut berobat ke pusat layanan kesehatan bila mengalami berbagai gejala berupa demam, nyeri menelan, batuk pilek, sesak nafas, kehilangan penciuman atau pun rasa, keluhan saluran cerna berupa muntah, mencret, atau pun berbagai keluhan lainnya," ungkapnya.


Ia juga menambahkan bagi masyarakat yang mempunyai penyakit kronis untuk selalu kontrol rutin.


"Jika masyarakat yang selama ini mendapatkan pengobatan rutin atas penyakit kronis yang dideritanya, diharapkan tetap melakukan kontrol rutin seperti biasanya," kata Safrizal menambahkan.


Bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif dan menjalani isolasi mandiri, diharapkan melakukan proses isolasi mandiri sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Bila mengalami gejala memberat, supaya segera menghubungi petugas kesehatan.


"Kami berharap masyarakat tidak mengucilkan anggota masyarakat lain yang sedang terkonfirmasi positif karena dukungan materil dan moril yang seharusnya diberikan kepada mereka," pungkasnya.




iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Video Terpopuler